Notification

×

Iklan Lptopt

Iklan Hp

Iklan Kejaksaan Agung

Tag Terpopuler

Indahnyaa Desa Sukaraja Dikelilingi Bukit Barisan!! Segini Luas dan Jumla Penduduknya

Senin, 16 September 2024 | 6:00:00 AM WIB Last Updated 2024-09-16T13:00:51Z
    Bagikan Berita ini


DETIK TV SUMSEL | Muratara - Desa Sukaraja terletak di Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) Provinsi Sumatera Selatan, desa Sukaraja, desa yang nyaman nan indah (16/8/9/24). 

Desa sukaraja dipimpin oleh kepala desa yang bernama Bung Arpandi, satu (1) Orang Sekretaris, tujuh (7)
Orang Badan Permusyawaratan Desa (BOD) Tiga (3) Orang Kepala Urusan dan lima (5) Orang Lembaga Pemberdayaan Masyarakat serta sepuluh (10) Orang Hansip.

Desa Sukaraja terbagi menjadi 6 dusun, bedasarkan data pemerintah desa Sukaraja pada tahun 2024, desa Sukaraja dihuni oleh 649 Kepala Keluarga (KK) atau 2.459 jiwa yang terdiri dari 1.253 jiwa laki-laki dan 1.206 jiwa perempuan.


Desa sukaraja di keliling bukit yang berbaris, ada bukit cermin indah, bukit putus, bukit barisan, bukit lipai dan bukit tanjung agung, tidak heran jika di desa ini memiliki udara yang sejuk nan nyama. 
 
Desa Sukaraja terbentang di sepanjang aliran sungai rupit, memiliki luas wilayah 3.857,01 hektar,  yang berbatasan langsung dengan desa Muara Batang Empu dan desa Rantau Telang pada bagian Utaranya. 

Namun di bagian selatan desa ini berbatasan dengan desa Bukit Ulu dan desa Bukit Langkap. 
Dibagian timur berbatasan dengan desa Rantau jaya dan pada bagian barat berbatasan dengan desa Lubuk Kumbung.

Sementara jarak dari pusat pemerintahan kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) untuk menuju ke desa ini berjarak kurang lebih 37 km. Sedangkan dari pusat pemerintah kecamatan Karang Jaya desa Sukaraja hanya berjarak 17 km saja. 

Sebagian besar penduduk desa Sukaraja bermata pencarian sebagai petani, baik petani karet, maupun petani kepala sawit, gaharu, aren maupun tanaman jangka panjang dan tanaman jangka pendek ada di desa ini. 

Desa sukaraja juga memiliki Potensi pangan yang berlimpah,  dapat dilihat dari berbagai sektor, seperti pertanian, peternakan, maupun kehutanan. 

Memiliki tanah yang subur sangat memungkinkan jika didirikan beberapa komoditas pertanian, yang dapat dikembangkan di desa ini, baik di bidang pertanian maupun perternakan. 

Di tahun 2024 Ini paling tidak tercatat lahan perkebunann karet masyarakat desa Sukaraja atau kebun rakyat yang ada di desa ini seluas 600 hektar, sedangkan kebun sawit tercatat seluas 500 hektar, 75 hektar lahan persawahan dan 600 hektar lahan Produktif lainya. 


Desa Sukaraja juga memiliki organisasi PPK yang berfokus pada Pengembangan Kesejahteraan 
Keluarga Desa. Bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup keluarga malalui berbagai kegiatan, seperti Posyandu, Pendidikan Nonformal/Pengajian, Usaha Ekonomi Produktif Pembianaan Kader PKK, Serta Kebersihan Lingkungan.

Sedangkan pasilitas umum didesa sukaraja sudah memiliki kantor desa, 2 masjid dan dua musolah. Ada juga pasilitas pendidikan seperti gedung Sekolah Dasar, Posyandu maupun pasilitas umum lainya seperti taman Kanak-kanak dan bangunan pasilitas pasar (Tim). 

×
Berita Terbaru Update