Notification

×

Iklan Lptopt

Iklan Hp

Iklan Kejaksaan Agung

Tag Terpopuler

Akses Jalan PT. Gorby di Portal Warga Persoalan Lingkungan | Pernyataan GABARA Terbukti

Senin, 25 September 2023 | 6:19:00 PM WIB Last Updated 2023-09-26T01:22:07Z
    Bagikan Berita ini



DETIK TV SUMSEL | Muratara - 
Gunadi besama keluarga melakukan pemortalan akses jalan tambang Batu-bara yang dilalui PT.Gorby dan PT.Triaryani di Desa Beringin Makmur II Kecamatan Rawas Ilir Kabupaten Muratara.(25/9/23) 

 Hal itu mereka lakukan karena tindakan PT.Gorby yang semaunya membuat tampungan limbah tambang, sehingga limbah dimaksud mengalir dan merusak kebun karet milik yang bersangkutan hingga capai 15 hektar.

“Limbah tambang Batu-bara pihak PT.Gorby yang sudah mencemari kebun saya dan keluarga sudah mencapai kisaran 15 hektar, kejadian ini sudah kami alami sejak 2017 lalu, namun hingga kini belum ada kejelasan atas lahan dan tanam tumbuh milik kami yang dirusak PT Gorby akibat limbah mereka. Oleh karenanya saya dan keluarga hari ini melakukan penutupan jalan, jika tuntutan kami tidak direalisasikan maka akses jalan tidak akan kami buka,” Tegas Gunadi didampingi puluhan keluarganya pada Wartawan Senin, (25/09/23).




Sebelumnya Menurut (22/9/23) Abdul Aziz,S.H Ketua Gerakan Barisan Muda Muratara (GABARA) di area PT. GORBY terdapat Potensi Konflik horizontal dan Konflik kerusakan lingkungan akibat dari aktivitas perusahaan tambang telah terjadi perhatian serius oleh gerakan barisan muda Muratara.

Sebagaimana diketahui komisi III DPRD Muratara  dan kepala dinas lingkungan hidup pertanahan (DLHP) telah melakukan sidak di PT Bayan kolianndo lestari (BKL) Dan PT. Gorby  Putra utama atau (GPU) pada tanggal 12 Juni 2023. Dengan temuan tiga sungai yang mengalami pendangkalan dan pencemaran yakni sungai Balik Bukit, Sungai Seluang dan Sungai Segendang.

Dalam persoalan kerusakan lingkungan Gerakan Barisan Muda Muratara (GABARA) Mendesak pemerintahan daerah mengatasi secara serius, bukan hanya di area PT. Bayan Koalindo Lestari (BKL) Desa Tanjung Raja, tetapi juga di Desa Beringin Makmur ll. yakni Sungai Aur , Sungai Terentang dan Sungai Putih pada Area PT. Gorby Putra Utama (GPU) juga perlu di perhatikan, karena terdapat potensi kerusakan sebagai dampak aktivitas pertambangan serta dampak Lingkungan hidup lainnya.

Apa yang disampaikan oleh Ketua GABARA sebelumnya bukan lah isapan jempol belaka mengenai Potensi Konflik horizontal dan Konflik kerusakan lingkungan akibat dari aktivitas perusahaan tambang. Saat ini terbukti dengan adanya pemortalan akses jalan tambang Batu-bara yang dilalui PT.Gorby  Putra Utama (GPU) oleh masyarakat yakni Gunardi dan keluarga atas kerusakan kebun milik yang diduga pencemaran sebagai dampak dari aktivitas pertambangan PT. Gorby Putra Utama (GPU). 

Sehingga Pemerintah dan Aparat Penegak Hukum harus memberikan perhatian secara serius mengenai  Potensi Konflik horizontal dan Konflik kerusakan lingkungan akibat dari aktivitas perusahaan tambang di area PT. Gorby Putra Utama (GPU) .(Tim) 
×
Berita Terbaru Update